Hal yang Kita Lakukan dan Tidak Lakukan untuk Cinta

Semua orang ingin mencintai dan dicintai dan itu merupakan sesuatu yang normal. Namun demikian, apakah kita harus mengorbankan diri kita untuk dicintai? Tentu hal itu bukan tindakan yang baik dan sehat, bahkan bisa menyebabkan kita merasa tertekan. Sebagai makluk hidup tentunya kita menginginkan seseorang untuk menerima kita apa adanya. Jika kamu memiliki hubungan di mana kamu tidak bisa menjadi dirimu yang sebenarnya, atau berpura-pura menjadi orang lain, mungkin ini saatnya kamu mulai melihat kembali hubungan tersebut, apakah upaya dan waktu yang kamu habiskan cukup berharga?

Berikut ini beberapa daftar yang sebaiknya tidak dan boleh dilakukan dalam hubungan. Semoga bisa membantu percintaan kamu:
TIDAK BOLEH DILAKUKAN
Jangan mengubah identitas diri kita
Pernah mendengar kalimat ini, “Sesuatu yang berlebihan tidak baik untukmu?” Nah hal ini juga berlaku untuk hubungan. Kamu tidak perlu meninggalkan teman dan hobi kamu untuk sesuatu hal bernama cinta. Memiliki kehidupan dan aktivitas di luar hubungan kamu merupakan sesuatu yang sangat baik, karena kamu bisa menjadi dirimu sendiri. Jika nanti kamu dan pasangan kamu berpisah, teman dan hobi merupakan hal yang bisa membuat kamu meneruskan kehidupanmu.
Kamu berhak untuk dihargai
Mungkin saja pasangan kamu tidak memperlakukan kamu dengan baik, karena kamu tidak sadar bahwa kamu berhak dihargai atau takut kehilangan. Atau kamu mungkin berupaya dengan pasangan kamu untuk tetap mempertahankan hubungan namun ternyata jelas sekali pasangan kamu tidak mernghargai upaya kamu. Sehingga upaya, waktu, dan cinta yang sudah kamu lakukan untuknya menjadi sia-sia. Jadi tidak cukup hanya dengan ungkapan sayang atau cinta dari pasanganmu, pasanganmu juka harus menunjukkan melalui tindakannya. Namun perlu diingat bahwa dalam hubungan masing-masing pihak berhak menentukan yang terbaik bagi dirinya dan tanpa paksaan. Jadi kamu berhak untuk dihargai.
Jangan gunakan seks untuk mengikat pasanganmu
Seks memang bisa memperkuat ikatan cinta; namun jika kamu dan pasanganmu tidak memiliki banyak hal untuk didiskusikan, menikmati kebersamaan atau berbagi ketertarikan yang sama, maka hubungan seks tanpa melibatkan perasaan bisa menjadi bumerang. Berusaha mempertahankan pasanganmu (atau mendapatkan mereka kembali) dengan menggunakan seks tidak jarang malah menimbulkan banyak masalah tambahan.
Jangan mengabaikan tanda-tanda peringatan
Jika pasanganmu merasa keberatan atau marah saat kamu menghabiskan waktu untuk kegiatan kamu, seperti berkumpul dengan teman atau melakukan hobi kamu, itu bisa merupakan tanda peringatan. Hati-hati terhadap isolasi dan manipulasi; jangan sampai pasangan kamu membuat dirimu merasa bersalah karena menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Pasangan kamu harus mendukung kegiatan kamu dengan orang-orang selain yang kamu dan dirinya kenal
BOLEH DILAKUKAN
Tentukan standar hubungan
Kamu dan pasangan sejak awal perlu untuk duduk bersama dan mendiskusikan hubungan terkait dengan hal-hal apa yang bisa membahayakan atau memutuskan hubungan. Contohnya, memeriksa telepon pasangan mungkin sesuatu yang tidak bisa kamu toleransi. Namun mungkin kamu dan pasangan memiliki perebedaan tentang hal ini, sehingga penting untuk menghargai batasan satu sama lain.
Melakukan komunikasi yang sehat
Mungkin terdengar klise, bahwa komunikasi merupakan kunci dari hubungan yang baik. Komunikasi yang baik membantu kamu dan pasangan untuk menyelesaikan kesalahpahaman dan perasaan yang perlu diklarifikasi. Jika kamu bertanya-tanya mengapa dia tidak meneleponmu semalam, maka tanya padanya dengan baik-baik.
Membangun kepercayaan
Membangun kepercayaan dengan kejujuran dan keterbukaan satu sama lain. Misalnya, kamu mengatakan apa yang akan kamu lakukan sesuai dengan apa yang mau kamu lakukan. Merupakan hal penting bagi kamu dan pasangan untuk membangun ikatan kepercayaan. Karena kepercayaan dan keterbukaan merupakan dasar bagi hubungan yang sehat. Tanpa kepercayaan, kamu dan pasangan tidak bisa berkomitmen atau membangun keintiman.
Mempraktikkan penghargaan dan kesetaraan
Kamu dan pasangan kamu harus menghargai satu sama lain dan memperlakukan kamu dengan setara sebagaimana kamu memperlakukan dirimu sendiri –pendapat dan keinginan satu sama lain harus dihargai. Jika kamu dan pasanganmu berselisih paham namun menghargai satu sama lain dan bisa berkompromi maka akan lebih mudah untuk menyelesaikan perbedaan pendapat tersebut.
Memaafkan satu sama lain
Setiap orang membuat kesalahan dan memaafkan merupakan kebutuhan dirimu sendiri bukan orang lain, karena saat kamu marah kepada seseorang karena sesuatu, mungkin mereka telah melupakan dan melanjutkan hidupnya. Lupakan dendam dan kamu akan menjadi lebih baik. Selain itu, juga penting bagi kamu untuk memaafkan orang lain, meminta maaf dan mengakui kesalahanmu.
Mendukung satu sama lain
Salah satu hal terbaik dalam sebuah hubungan adalah bahwa kamu memiliki seseorang yang mendukung kamu. Pasangan kamu harus memotivasi kamu agar bisa memaksimalkan potensi kamu. Memiliki hubungan bisa menjadi sesuatu yang baik yang terjadi pada kamu, tetapi saat hubungan tidak berjalan lancar mungkin bisa menjadi sesuatu yang buru. Untuk itu, diskusikan dengan pasangan kamu apa yang baik dan tidak baik dalam hubungan.
Ditulis oleh Iksaiah Adams

2 pemikiran pada “Hal yang Kita Lakukan dan Tidak Lakukan untuk Cinta

  1. untuk mempermudah yang laen memilah artikel yang menarik.mungkin mereka tidak tahu dimana lokasi artikel jadi saya menyertakan url untuk memudahkan mereka mencari sumber tulisan tsb ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s